Advertise in this space

Prediksi: Line-up Persib vs Persiram

December 3, 2011

Pertandingan perdana Persib Bandung di Liga Super Indonesia akhirnya akan digelar juga pada hari Sabtu, 3 Desember 2011 besok. Setelah melakukan serangkaian Training Centre dalam waktu yang panjang, Pasukan Drago Mamic akan segera mengaplikasikan hasil dari program latihan yang telah  mereka  lahap selama ini. Seperti pemain band yang telah latihan berhari-hari untuk konser mereka, inilah waktu pertunjukan bagi para punggawa maung di depan puluhan ribu bobotoh baik yang datang langsung ke Stadion maupun yang melihat mereka di layar kaca.

Sempat beredar kabar bahwa beberapa pemain andalan cedera, seperti Abanda Herman yang mengalami cedera pada otot betis kaki kanannya, Robbie Gaspar yang mengalami masalah pada perutnya, M. Nasuha yang masih dalam tahap pemulihan setelah melakukan operasi kista di lutut kanannya, serta Zulkifli Syukur yang di sesi latihan terakhir sore di Stadion Jalak Harupat terlihat mengalami cedera ringan.

Beruntung ‘hanya’ M. Nasuha dan Zdravko Dragicevic yang absen pada pertandingan besok malam. Cedera Nasuha memang sudah sembuh, tapi dia masih harus melakukan recovery buat beberapa minggu ke depan agar kondisinya benar-benar pulih. Adapun Dragicevic, dia terbentur masalah non teknis, yaitu belum turunnya ITC yang membuat dia ‘cacat’ dalam aspek legal.

Dengan absennya Nasuha dan Dragicevic, berarti akan ada pergesaran di pos full back kiri, gelandang bertahan, dan sektor lone striker.

Posisi bek kiri pada musim ini memang di proyeksikan menjadi ‘jatah’ M. Nasuha, dan dengan belum bisanya Nasuha tampil, akan ada pemain lain yang mengisi di pos ini. Pada partai  melawan Semen Padang (di LPI) pos ini ditempati oleh Wildansyah. Sempat terjadi pergeseran di posisi Wildansyah ketika Zulkifli Syukur di kartu merah pada partai itu. Hal yang menyebabkan Toni Sucipto khirnya bermain di posisi full back kiri. (setelah Zulkifli keluar, Wildansyah digeser ke bek kanan, dan Toni digeser ke bek kiri).

Anehnya, Toni malah bermain lebih lepas disitu. Dia seakan menikmati perannya di sisi kiri lapangan. Dengan beberapa kali melakukan overlapping ke lini depan, dia terlihat agresif disbanding ketika berposisi di gelandang bertahan. Entah terkesima atau dikarenakan kehadiran Gaspar, pada beberapa sesi game di latihan terakhir, Toni lebih sering ditempatkan di posisi full back kiri oleh Mamic. Satu tempat di posisi bek kiri nampaknya akan menjadi milik Tony pada partai besok.

Pergesaran lain adalah di pos gelandang bertahan. Fit nya Abanda membuat Robbie Gaspar akan menempati posisi idealnya. Dia akan berduet dengan Hariono di pos duet dua gelandang bertahan. Ini akan menjadi debut Gaspar di partai Resmi bersama maung bandung.

Pergeseran terakhir ada di lini depan. Lone striker yang selama ini ditempati Dragicevic, akan berpindah ke tangan Airlangga. Penampilan Airlangga  pada beberapa partai uji coba terbilang memuaskan. Posisi tukang gedor utama akan ada di pundak Airlangga. Jikapun ITC Dragicevic tidak bermasalah, pos ini sepertinya akan tetap ditempati oleh Ronggo.

Berikut perkiraan formasi untuk besok : PERSIB (4-2-3-1) : Jendri Pitoy; Zulkifli Syukur, Maman, Abanda, Toni Sucipto; Hariono, gaspar; M. Ilham, Radovic, Atep; Airlangga.

Kenapa 4-2-3-1 dan bukan 4-4-2? Benar, Persib beberapa kali menggunakan 4-4-2 dalam sesi ujicoba maupun game internal. Hanya saja, 4-2-3-1 akan tetap jadi pilihan utama mengingat stok striker Persib yang hanya tinggal menyisakan 2 nama (Aliyuddin dan Airlangga), menyusul ITC Dragi yang belum beres. Ada Sigit Hermawan yang posisi naturalnya striker, akan tetapi Mamic tampaknya belum akan memberikan kesempatan pada Sigit. 4-4-2 akan menjadi salah satu opsi di tengah laga jika Persib kesulitana menembus pertahanan Persiram atau jika Persib tertinggal.

Adapun kemungkinan besar skenario pada pergantian pemain yaitu ;

-Hendra Ridwan ada di posisi teratas mengisi pos diantara bek kanan, bek kiri, ataupun ke dua DM apabila ada ‘masalah’ di posisi itu. Jajang Sukmara dan Wildansyah nampaknya harus sabar ‘mengantri’ giliran di posisi ini.

-Budiawan akan menjadi back up utama M. Ilham dan Atep di posisi flank. Tidak menutup kemungkinan dia dimainkan di DM. M. Agung ada di deret pilihan berikutnya di pos DM setelah Hendra dan Budiawan.

-Aliyudin adalah pilihan pertama apabila Ronggo memang harus diganti, ataupun ketika tim sedang mengalami posisi dimana sangat membuthkan gol / deadlock. Ali akan masuk menggantikan salah satu flank (Ilham/Atep) atau salah satu DM (Hariono) jika Persib tertinggal dan kesulitan menembus pertahanan Persiram.

- Sigit Hermawan akan masuk di flank kanan. Dengan catatan pertandingan sudah bisa “diamankan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*