Advertise in this space

Preview Persib vs Gresik United: Striker vs Striker

April 10, 2012

Menjelang pertemuan kedua Persib vs Gresik United, keadaan kedua tim sudah berubah dibanding pertemuan di putaran pertama. Persib menatap putaran dua dengan wajah baru di lini depan yaitu Marcio Souza dan Noh Alamsyah. Keduanya didatangkan agar terjadi penyegaran pada sektor tukang gedor Persib yang selama ini dirasa kurang maksimal. Selain itu, Persib juga sudah tidak lagi dinakhodai oleh Drago Mamic, melainkan Robby Darwis yang diangkat sebagai caretaker pelatih Persib.

Begitupun dengan Gresik United. Mereka baru saja mendatangkan empat wajah baru  yaitu Claudio Pronetto, I Wayan Gangga Mudana, Rachmat Poci Rivai dan palang pintu Daniel Zelleny. Sebagaimana Persib, Gresik juga baru mengganti pelatih kepala dari Fredy Mully ke Abdulrachman Gurning. Pergantian pelatih ini pula yang yang menyebabkan salah satu pemain andalan Gresik United James Koko Lomel harus tersingkir dari skuad.

Dilihat dari statistik laga away, Gresik United tidak istimewa. Dari 9 laga away, Gresik hanya mampu mengumpulkan 4 poin dengan hasil 1 kali menang, 1 kali seri, dan 7 kali kalah. Lebih dari itu, rasio kebobolan mereka pada partai away bisa dibilang buruk. Mereka hanya mampu mencetak 7 gol dan harus kebobolan 21 kali. Ini artinya, agregat gol Gresik United di partai away mereka adalah -14.

Berikut adalah hasil laga Gresik United selama Partai away:

TIM KANDANG SKOR TIM TANDANG
Persija Jakarta 2-0 Gresik United
PSPS Pekanbaru 3-0 Gresik United
PSAP Sigli 1-0 Gresik United
PSMS Medan 0-1 Gresik United
Persiram Raja Ampat 1-1 Gresik United
Sriwijaya FC 3-0 Gresik United
Persiba Balikpapan 4-2 Gresik United
Persipura Jayapura 3-1 Gresik United
Persiwa Wamena 4-2 Gresik United

 

Jika dilihat dari tren selama partai away, Gresik hampir selalu kebobolan di laga away mereka. Tercatat hanya sekali Gresik melakukan cleansheet ketika mereka memenangkan laga di Medan melawan PSMS. Selebihnya Gresik United selalu mengalami kebobolan. Rasio kebobolan Gresik United di partai away adalah 2,4 gol per partai. Hal lain yang menggembirakan untuk Persib secara statistik adalah, di tiga partai away terakhirnya, Gresik selalu gagal mencetak gol.

Adapun menit memasukan dan kemasukan Gresik pada partai away adalah sebagai berikut:

MEMASUKAN MENIT KEMASUKAN
1 0-15 4
1 16-30 3
1 31-45 4
1 46-60 3
0 61-75 3
3 76-90 4

 

Dilihat dari breakdown gol per menit, Gresik United di laga away terhitung tangguh pada zona menit 76’ – 90’. Tiga gol (atau 50% gol) Gresik di laga away diciptakan di zona menit ini. Sedangkan Persib Bandung, di laga kandangnya pernah bobol dua kali di zona menit itu.

Berikut breakdown gol Persib di laga kandang:

MEMASUKAN MENIT KEMASUKAN
1 0-15 1
3 16-30 1
0 31-45 1
6 46-60 0
2 61-75 1
2 76-90 2

 

Dilihat dari zona menit, Persib terhitung tangguh di zona menit 46’-60’. Dengan kata lain, pada awal babak kedua, di situlah zona menit di mana Persib sangat produktif. Enam gol berhasil dicetak para pemain Persib di zona waktu itu. Bagusnya lagi, Rasio kebobolan Gresik United di zona waktu itu lumayan buruk. Tiga gol bersarang ke gawang Hery Prasetyo di zona menit itu selama partai tandang Gresik. Adapun pemain Gresik yang harus benar-benar diwaspadai secara statistik adalah Gaston Castano. 42% Gol Gresik United pada laga away diciptakan oleh pemain jebolan Boca Juniors ini.

Persib Bandung belum pernah sekalipun kalah di kandang, Dari delapan kali berlaga, Atep dan kawan-kawan berhasil mengumpulkan poin 20 hasil 6 kali menang dan dua kali seri. Agregat gol Persib di kandang pun cukup baik. Surplus 8 gol hasil dari 14 kali memasukan dan kebobolan 6 kali.

Berikut rekapan laga kandang Persib bandung:

Main Menang Seri Kalah Gol Agregat Poin
8 6 2 0 14-6 8 20

 

BEDAH TAKTIK

 

Robby Darwis diperkirakan akan mencoba pola 4-4-2. Dengan absennya Maman dan Abanda, akan ada duet baru yang mengawal lini pertahanan Persib. Toni Sucipto dan Wildansyah dalam beberapa sesi latihan Persib belakangan ini mulai sering dicoba menjadi duet centre back. Mereka akan coba dilindungi oleh M. Agung Pribadi sebagai Gelandang bertahan. Zulkifli dan Nasuha akan mengawal sisi kanan dan kiri pertahanan Persib.

Akan ada penyegaran di sektor penjaga gawang. Cecep supriatna nampaknya akan menjalani debutnya di musim ini. Melihat rasio gol yang bersarang ke gawang Pitoy selama ini, mencoba Cecep di pos itu memang tidak ada salahnya.

Yang menarik adalah pos lini depan Persib, di sinilah posisi paling gres yang menarik untuk diikuti. Along dan Marcio akan berduet menjadi ujung tombok serangan Persib. Keduanya striker dengan tipikal “bandel’”dan tidak cengeng. Mereka akan selalu siap berduel dengan bek sekeras apapun. Selain itu, kemampuan olah bola Marcio pun terhitung baik, artinya, dalam situasi deadlock, kemampuan individu Marcio bisa amat sangat diandalkan.

Kasarnya, tanpa ditunjang organisasi permainan yang baik pun, duet Along dan Marcio sejatinya akan sanggup membongkar pertahan Gresik United melalui kemampuan individual. Kelebihan lain Marcio Souza adalah kemampuan mengeksekusi bola-bola mati. Adapun kendala yang harus dihadapi duet ini ada pada kebugaran fisik along yang belum 100% fit. Partai ini akan menjadi “show” dan perkenalan Along dan Marcio kepada bobotoh.

Dengan situasi itulah, kami menduga, Robby Darwis tidak akan terlalu terfokus pada strategi yang detail dengan perubahan-perubahan kecil di lapangan sebagaimana Mamic biasa melakukannya. Micro tactic tidak menjadi opsi bagi Robby Darwis. Besar kemungkinan, rasio bola-bola panjang Persib akan meningkat pada laga ini.

Berikut prakiraan susunan formasi Persib:

 

Di kubu Gresik United sendiri, Gurning nampaknya tidak akan banyak mengubah komposisi pemain. Pola 4-4-2 yang cenderung menjadi 4-1-2-3 di atas lapangan akan coba disuguhkan untuk meladeni permainan Persib. Lini belakang Gresik akan ditempati bek baru mereka Daniel Zelleny.

I Wayan Gangga Mudana akan menjadi breaker dengan job desk sebagai orang pertama yang menghancurkan semua alur serangan Persib. Di depan Gangga, ada dua orang bertipe playmaker, Uston Nawawi dan Gustavo Chena. Gresik United tidak menggunakan sayap murni, mereka melakukan pola penyerangan dominan dari lini tengah. Artinya, M. agung Pribadi akan menjadi orang yang sangat sibuk ketika Gresik United melakukan penyerangan. Apabila menyerang melalui sisi lapangan, Gresik United cenderung memainkan pola central winger. Sesekali Gustavo Chena akan mendikte permainan lewat sisi kiri lapangan.

Berikut prakiraan formasi Gresik United:

Secara statistik, hal yang harus diwaspadai Persib adalah Gaston Castano. Dialah mesin gol dan pencetak  42% produksi Gol Gresik United selama partai away. Tetapi secara open play, Claudio Pronetto akan menjadi sosok yang merepotkan. Pronetto adalah striker yang juga bisa bermain sebagai gelandang serang dan mempunyai keeping ball, finishing serta positioning yang baik. Bersama Jose Sebastian dan Hilton Moreira, dialah tumpuan utama Deltras di era Jaya Hartono. Sekali lengah, Pronetto bisa menghancurkan pertahan Persib. Artinya, fokus utama para bek jangan melulu pada Gaston Castano, melainkan pada sosok Claudio Pronetto.

Pertandingan akan berlangsung menarik, inilah pertarungan antara para striker terbaik ISL. Partai yang akan berlangsung di Siliwangi, tempat bersejarah yang memiliki atmosfir magis.

Tags: , ,

6 Responses to Preview Persib vs Gresik United: Striker vs Striker

  1. the Bluetones on April 10, 2012 at 5:11 pm

    sip

  2. Hafiz Adi on April 10, 2012 at 5:23 pm

    Claudio Pronetto Memang Pemain Bagus,, Dibanding James Koko Lomell tentu Permainan dan karakter Pronetto lebih menakutkan untuk urusan Meningkatkan perbendaharaan Gol. Gaston Itu menurut saya pantas dijuluki No Suplai No Goal :D
    Permainan Marwan yang angin-anginan saya rasa jangan terlalu diremehkan, Marwan memiliki Kecepatan dan penempatan posisi yang baik. Daniel Carl Zeleny adalah Pemain yang satu-satunya memberi tanda tangan pada saya saat pergi ke India, saat Itu dia membela Mohun Bagan. Jujur saja, permainan dia kurang bagus, Lihat saja, dia akan sering maju :D

  3. Rizki Sanjaya Masbox on April 10, 2012 at 6:06 pm

    nuhun ah prewiewna, jadi nambahan elmu :) , sing kenging enjing kanggo persib

  4. @wwhilmana on April 10, 2012 at 6:34 pm

    DM na teu hendra ridwan?

  5. ALDITHA on August 1, 2018 at 8:58 am

    Wah, saat itu saya masih smp. Saya kurang menyukai sepakbola dan jarang mengikuti perkembangannya. Tapi setidaknya saya tau tentang persib sedikit.. Semoga persib semakin jaya dan dapat mencetak prestasi yang membanggakan lagi

  6. ABDUL WAHID on August 5, 2018 at 7:36 am

    Saya selalu dukung persib bandung
    semoga tetap jayaaaa
    aminn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*