Advertise in this space

Preview Persib vs Persepam : Menanti Tuah Pemain Anyar

May 18, 2013

Persib akan menjamu Persepam Madura United, dalam laga lanjutan Indonesia Super League besok. Diputaran pertama Persib memang berhasil unggul 1-3 di Madura. Namun hal ini tidak bisa membuat anak asuh Jajang Nurjaman menjadi jumawa.  Karena kubu Persepam telah melakukan perombakan besar, terutama pemain asingnya.

Persib tidak akan diperkuat bek andalanya Abanda Herman, akibat hukuman akumulasi kartu kuning. Alternatif pengganti adalah Maman Abdurahman atau Aang Suparman.  Dikesempatan yang sama Janur juga mengatakan akan menurunkan striker barunya, Hilton Moreira sejak menit pertama. “Hilton sudah tidak ada masalah, kemungkinkan kita akan turunkan dimenit awal pertandingan nanti,” kata Janur.

Seperti diketahui dipertandingan sebelumnya melawan Persela, Hilton memang hanya bermain 20 menit. Walaupun begitu penampilanya mampu memukau publik kota Bandung dengan menghasilkan 3 attempt ke gawang Lamongan.

Sementara Persepam, meski diperkuat 4 pemain asing baru. Namun coach Daniel Roekito merasa bahwa 3 dari 4 pemain tersebut masih belum bisa beradaptasi. “Tiga dari empat pemain asing baru kami, ternyata belum beradaptasi dengan karakter sepakbola Indonesia. Maklum saja, mereka bertiga masih baru mencoba atmosfer sepakbola di Indonesia musim ini. Namun akibatnya, membuat permainan yang kami kembangkan menjadi kurang begitu optimal,” kata Daniel.

Pemain baru Persepam tersebut adalah Christopher Gomez dan Zahila Aboubakar yang berpaspor Australia ,Amadou Konte asal Mali, dan Emanuel Linkers dari Belanda. Debut perdana semua pemain asing ini cukup lumayan, terbukti saat bertandang ke Kuningan melawan Persita Tangerang mereka mampu  mencuri satu poin.

Statistik berpihak pada Persib.

Secara statistik Persib memang unggul jauh dari Persepam.  Dua kali head to head pertemuan musim ini, Persib mampu unggul di semua laga. Sebelum mengalahkan 1-3 di Madura, Persib memang sempat menaklukan Laskar Sappeh Kera ini 3 gol tanpa balas di Stadion Siliwangi saat ajang gelaran Inter Island Cup awal Desember lalu.  Secara peringkat Persib dan Persepam pun terpaut cukup jauh, Persib berada diperingkat 3, Sedangkan Persepam berada diperingkat 14

Jika ditilik dari performa lima pertandingan terakhir, Persib tak terkalahkan dengan 4 kemenangan dan hanya sekali menelan imbang. Sedangkan di kubu lawan, dari 5 kali bertanding anak asuh Daniel Roekito ini tidak pernah sama sekalipun meraih kemenanhan.  Persepam hanya mampu meraih hasil 3 kali imbang dan 2 kali kekalahan.

 

Head to Head

Tanggal

Skor

Kompetisi

3 Desember 2012

Persib 3 – 0 Persepam

Inter Island Cup

28 April 2013

Persepam 1 – 3 Persib

Indonesia Super League

 

5 Pertandingan Terakhir

Persib (W,D,WWW)

Persepam (D,L,D,D,L)

Persib 3 – 1 Persela

Persita 0 – 0 Persepam

Persela  1 – 1 Persib

Persepam 1 – 3 Persib

Persepam 1 – 3 Persib

Persepam 1 – 1 Persita

Persib 1 – 0 Arema

Gresik 0 – 0 Persepam

Persib 5 – 1 Persita

Arema 2 – 0 Persepam

 

3 striker atau 2 striker?

Kelemahan Persib disektor kiri, memang menjadi PR sendiri bagi coach Janur. Ketiadaan pemain sayap kiri murni menjadi salah satu penyebabnya.  Meski memiliki Atep, namun sejatinya pemain ini memang bukan seorang winger kiri. Bahkan di 2 pertandingan terakhir, Persib memaksakan seorang Firman Utina yang notabene bukan seorang winger untuk menempati posisi ini.

Masuknya Hilton dari menit awal, jelas akan mempengaruhi tactical Persib. Di laga esok, kemungkinan besar Hilton akan diduetkan dengan Sergio dalam formasi 4-4-2, secara bergantian dua pemain ini akan mundur dan menjadi second striker.  Bukanya tanpa alasan, musim ini Persib memang lebih cocok menggunakan pola 4-4-2 dibandingkan dengan 4-3-3 maupun 4-2-3-1. Di beberapa pertandingan terakhir, Djadjang selalu memakai pola ini.

Dengan hanya memakai dua striker plus penyataannya yang akan memasang Hilton sejak menit awal otomatis akan mengorbankan Kenji dibangkucadangan. Tetapi sebenarnya jika ingin tetap keukeuh memasang trio Kenji-SvD-Hilton. Opsi formasi yang diturunkan Persib adalah menggunakan pola 4-3-3,  Dengan posisi Hilton yang akan lebih digeser  kiri.

Konsekuensi dari hal ini adalah Duet Ridwan dan Supardi otomatis tidak bisa ditampilkan maksimal seperti ketika formasi 4-4-2 maupun 4-3-2-1.  Sebagai pemain yang bertipikal flank Ridwan kerap tampil buruk saat Persib memakai pola 4-3-3.

Saat melawan Persiba Balikpapan tempo lalu, agresifitas Persib lebih banyak dilakukan secara longballs, kondisi itu menandakan lini tengah Persib memang berjalan tak efektif, kala itu dengan pola 4-3-3 Ridwan posisinya dipasang doble pivot di tengah dengan Hariono. Akan tetapi saat memakai pola 4-3-2-1 atau 4-4-2 perannya sebagai flank terasa bagi tim. Tusukannya dari sayap ke tengah berhasil membuahkan 6 gol.

Maman atau Aang yang jadi pilihan?

Selain bermasalah dilini penyerangan, pertahanan Persib pun mengalami hal yang serupa.  Musim ini adalah musim terburuk Abanda selama berkostum Persib, baru putaran kedua berjalan dirinya sudah mengoleksi 5 kartu kuning, jika di laga-laga berikutnya ia tetap bermain sembrono, jumlah ini akan melampaui torehan  musim lalu yang  mengoleksi 6 kartu kuning dari 31 pertandingan.

Laga esok, untuk mengganti Abanda pilihan ada kepada Aang Suparman dan Maman.  Terakhir kali Maman dipasang sebagai starter adalah saat melawan Barito Putra Awal April silam dan terakhir kali Aang jadi starter adalah ketika menghancurkan Persita 5-1 di Jalak Harupat, 15 April lalu. Jika melihat pengalaman bertanding Maman yang menjadi andalan Persib musim lalu, kemungkinan dialah yang akan tampil.

Namun cedera lutut yang dialaminya musim ini memang berpengaruh banyak terhadap performanya yang semakin menurun drastic sehingga lebih banyak menjadi penghuni bench. Peluang Aang untuk menjadi starter masih terbuka lebar, tergantung keputusan ada pada coach Janur, pemain mana yang lebih siap menjelang pertandingan.

Prediksi Line Up :

Persib 4-4-2 : Made (GK), Supardi, Aang Suparman / Maman, Nasser, Toni Sucipto, Ridwan, Hariono, Mbida Messi , Firman / Atep, Hilton, Van Dijk

Persepam 4-4-2 : Alfonsius (GK), Denny Rumba, Michael Orah, Fachrudin, Abu bakar, Mashuda, Busari, Aditya, Konte, Linkers

 

Penulis Mildan Pratama akun twitter @mildandaru

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*