Advertise in this space

Preview Persita vs Persib: “Saat Tepat Untuk Rotasi Pemain”

May 25, 2013

Meski bermain sebagai tim tamu, Persib akan bertanding melawan Persita di Stadion Siliwangi Bandung (25/5). Menurut panpel Persita, hal ini disebabkan untuk mengantisipasi tidak keluarnya ijin dari pihak keamanan Stadion Kuningan. Seperti diketahui selama ISL musim ini, Persita memang menggunakan stadion Kuningan sebagai home base mereka. Stadion Kuningan dikhawatirkan tidak mampu menampung animo bobotoh yang akan hadir.

Amankan Posisi 2

Bagi Persib Bandung, kemenangan melawan Persita mutlak diperlukan untuk kembali naik ke peringkat kedua, menempel sang pemuncak klasemen Persipura. Persib sendiri kini berada di peringkat ketiga klasemen sementara, berada dibawah Persipura dan Sriwijaya. Persib terpaut 8 poin dari pemuncak klasemen Persipura, dan hanya 2 poin dengan Sriwijaya yang berada di posisi kedua. Meski begitu Persib masih unggul sisa pertandingan, yang baru bermain 19 kali sedangkan Persipura dan Sriwijaya masing – masing sudah 20 kali.

Persita sendiri membawa beban berat, karena harus bermain di Siliwangi meski berstatus sebagai tuan rumah. Selain itu performa buruk Persita yang tidak pernah menang di 6 pertandingan terakhir, juga akan menambah beban para punggawa Persita. Kondisi ini juga bisa diperparah dengan menoleh hasil diputaran pertama, dimana ditempat yang sama Persib mampu unggul telak atas Persita dengan skor 5-1.

Persib Dengan Skuad Terbaik, Persita Yang Pincang

Persita harus kehilangan pelatih dan 2 pemainya diputaran kedua ini. Pelatih Elly Idris digantikan oleh caretaker Giman Nurjaman, sedangkan pemain asing Persita yang menempati posisi gelandang asal Iran, Javad Moradi  pindah ke Persidafon Dafonsoro, sedangkan pemain lain Rizky Rizal Ripora merapat ke Barito Putra. Dengan tanpa penambahan pemain otomatis kekuatan mereka diputaran kedua akan berkurang.

Sedangkan Persib bisa tampil full team, setelah dipertandingan sebelumnya Abanda Herman harus absen akibat akumulasi kartu, kini pemain asal Kamerun ini bisa menambah kekuatan lini belakang Persib Bandung. Jika Persita harus kehilangan pemain, tidak demikian dengan Persib. Persib justru mendapatkan amunisi baru diputaran kedua yaitu Hilton Moreira, hasil barter dengan Dzumafo yang bertukar ke Sriwijaya FC.

Kesempatan Rotasi Pemain

Diatas kertas Persib memang unggul dari Persita, baik head to head, peringkat maupun performa musim ini. Peluang ini memang harus dimanfaatkan oleh coach Janur untuk melakukan rotasi pemain. Dengan persaingan papan atas ISL yang ketat, pilihan untuk melakukan rotasi merupakan salah satu strategi  yang dirasa sesuai ,melihat keadaan tim saat ini.

Dimusim ini Persib memang minim melakukan rotasi pemain. Hampir disetiap pertandingan, pemain inti Persib tidak pernah diistirahatkan. Selain untuk mengistirahatkan pemain utamanya, rotasi ini juga untuk memberikan kesempatan bagi pemain cadangan. Asri Akbar, Jajang Sukmara, Airlangga, dan beberapa pemain lain memang layak untuk diberikan kesempatan bermain. Meski tidak seluruhnya dimainkan. Namun kolaborasi antara pemain inti cadangan dapat dijadikan alternatif strategi bagi coach Janur, mengingat pertandingan selanjutnya Persib akan melakukan pertandingan berat, melawat ke Arema Malang.

Menjaga Rekor di Siliwangi

Hanya ada 3 tim di Indonesia Super League yang belum pernah mengalami kekalahan dikandang. Dari total 18 tim, hanya Persipura, Persib, dan Barito yang berhasil melakukanya. Meski pertandingan nanti Persib berstatus tim tamu, namun bermain di Siliwangi Persib memiliki rekor yang bagus. Dari 8 pertandingan yang digelar di Siliwangi, hanya Persipura yang mampu menahan imbang Persib, 7 pertandingan sisanya menghasilkan kemenangan. Termasuk kemenangan telak 5-1 diputaran pertama melawan Persita.

Secara head to head Persib juga unggul, dari 4 pertandingan terakhir di semua kompetisi Persita bahkan tak mampu menahan imbang Persib. Semua pertandingan dimenangkan oleh Persib.

Kesimpulan

Bermain di Siliwangi harus mampu dimanfaatkan oleh Persib untuk meraih poin penuh, demi terus mendekati pemuncak klasemen Persipura yang dipertandingan terakhir ditahan imbang Pelita Bandung Raya dengan skor 1-1 di Mandala. Selain raihan poin penuh, kesempatan ini bisa dimanfaatkan coach Janur untuk melakukan rotasi pemain. Mengingat persaingan papan atas ISL yang semakin ketat.

 

 

Head To Head

Indonesia Super League

15 April 2013

Persib 5 – 1 Persita

Piala Indonesia

17 April 2010

Persib 4 – 1 Persita

Indonesia Super League

21 April 2009

Persita 2 – 4 Persib

Indonesia Super League

8 November 2008

Persib 2 – 0 Persita

 

5 Pertandingan Terakhir

Persita (L,D,L,D,L)

Persib (W,W,D,W,W)

Persita 0 – 3 Persela

Persib 2 – 1 Persepam

Persita 0 – 0 Persepam

Persib 3 – 1 Persela

Persela 3 – 1 Persita

Persela 1 – 1 Persib

Persepam 1 – 1 Persita

Persepam 1 – 3 Persib

Persib 5 – 1 Persita

Persib 1 – 0 Arema

 

Tags: ,

One Response to Preview Persita vs Persib: “Saat Tepat Untuk Rotasi Pemain”

  1. Gabriela on November 17, 2014 at 1:55 am

    Yanuar wibowo2008/10/11 Kasihan PSIS,,,,semoga musim kmtepoisi mendatang manajemenya sudah bener2 profesional dan mampu membawa PSIS berprestasi,,,,,Buat para pengurus bola indonesia,,,,,,,,teruslah berjuang untuk memajukan sepak bola indonesia,,,,,,,kami sebagai pecinta bola tanah air insya allah selalu mendukung setiap program yang di jalankan asal demi kemajuan sepak bola tanah air .bravo sepak bola INDONESIA ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*