Advertise in this space

Preview PSPS vs Persib: Kesempatan Mendulang Poin

June 25, 2013

Setelah gagal bertanding melawan Persija pasca kasus penyerangan bus pemain di Jakarta, Persib langsung terbang ke Pekanbaru untuk menghadapi PSPS (25/6). Meski diprediksi akan menang mudah mengingat kualitas lawan yang dihadapi namun Persib tidak mau terlalu jumawa. Senada dengan pernyataan pelatih Jajang Nurjaman: “Saya tidak terlalu memikirkan hasil kalah telak PSPS di laga-laga sebelumnya. Saya hanya fokus kepada tim sendiri. Apalagi hasil main tandang kita juga belum bagus.”

Waspada Kendala Non-Teknis

Kondisi cuaca di Pekanbaru memang sedang buruk  beberapa hari terakhir akibat kebakaran hutan disekitar kota Pekanbaru. Keadaan ini membuat suhu udara menjadi panas hingga menembus angka 36 derajat celcius, akibatnya kondisi lapangan menjadi sangat keras. Cuaca panas ini jelas berakibat pada kondisi fisik para pemain Persib, meski tim tuan rumah juga mengeluhkan kondisi yang sama. Tak hanya mengenai panasnya udara Pekanbaru, asap tebal akibat kebakaran hutan juga dapat mengganggu kesehatan pemain dan jalanya pertandingan.

Insiden perusakan bis pemain di Jakarta yang berakibat diundurnya pertandingan melawan Persija, secara tidak langsung juga mempengaruhi kondisi psikologis pemain Persib. Trauma akibat kejadian tersebut dapat memecah konsentrasi bertanding. Namun Persib masih tertolong rasa percaya diri tinggi ketika melihat calon lawan yang akan dihadapi. Jika berhasil melupakan kejadian di Jakarta jelas dapat mengembalikan mental bertanding Persib Bandung.

Saatnya Mendulang Poin

Melihat kualitas materi pemain dan permainan tim, diatas kertas Persib memang masih ada diatas PSPS. Tengok saja klasemen dan performa PSPS, dipertandingan terakhir mereka dikalahkan 5 gol tanpa balas dikandang oleh Persita Tangerang. Sedangkan pertandingan sebelumnya, PSPS juga kalah 3-0 melawan Persepam dan dihancurkan Persela 9 – 1 di Lamongan.  Bahkan kini PSPS masih berada diposisi juru kunci klasemen Liga Super Indonesia.

Dengan kondisi demikian Persib harusnya dapat memanfaatkan pertandingan ini sebagai ajang mendulang poin untuk tetap bertahan di papan atas klasemen Liga Super. Meski secara catatan statistik musim ini, Persib memang buruk dalam pertandingan tandang, dibandingkan dengan penghuni papan atas lainya. Kesempatan mendulang poin ini juga dapat dijadikan modal pertandingan selanjutnya, dimana Persib harus menjamu 2 tim kuat asal kalimantan Persisam Samarinda dan Barito Putera.

Kondisi semua pemain Persib juga dalam kondisi fit dan siap tanding. Hanya bek Nasser Al-Sebbay yang absen karena masih mengurus KITAS di negaranya Suriah. Ada 2 opsi bagi pelatih Jajang Nurjaman untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Nasser, yaitu antara Aang Suparman dan Maman Abdurahman.

5 Pertandingan Terakhir ISL

Persija (K,K,K,M,K)

Persib (D,L,L,W,W)

1 Juni 2013

PSPS

0-5

Persita

25 Mei 2013

Persita

2-2

Persib

4 Juni 2013

PSPS

1-0

Persiwa

31 Mei 2013

Arema

1-0

Persib

12 Juni 2013

Persela

9-0

PSPS

3 Juni 2013

Gresik

2-1

Persib

16 Juni 2013

Persepam

3-0

PSPS

11 Juni 2013

Persib

4-3

PBR

22 Juni 2013

PSPS

0-5

Persita

15 Juni

Persib

4-0

Sriwijaya

 

 

 

 

 

Head to Head (ISL)

2 November 2010 PSPS 1 – 0 Persib
18 April 2011 Persib 0 – 1 PSPS
24 Januari 2012 Persib 2 – 1 PSPS
23 Mei 2012 PSPS 0 – 0 Persib
27 Februari 2013 Persib 4 – 0 PSPS

 

 

 

 

Perkiraan Line Up Pemain Kedua Tim

PSPS: Fance Hariyanto (GK), Hadison, Dika Hanggara, Pawira Putra, Novi Hendrawan, Danil Junaidi, April Hadi, Teuku Lutfi Hidayat, Rusdianto, Ario Putra, M. Isnaini.

Persib: I Made Wirawan (GK), Tony Sucipto, Maman Abdulrahman, Abanda Herman, Supardi, Asri Akbar, Firman Utina, Hariono, Muhammad Ridwan, Sergio van Dijk, Hilton Moreira.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*